Kunci Layar Desktop Komputer Semi Transparan

Catatan Komputer kali ini membahas tentang Kunci Layar Desktop Komputer Semi Transparan. Sistem operasi Microsoft Windows menyediakan fasilitas pengunci layar desktop komputer lewat Control Panel > Users Account > Create a Password, lalu dijalankan dengan kombinasi tombol Windows + L di keyboard. Namun, penguncian layar desktop komputer tersebut menyebabkan pengguna tidak dapat melihat apa yang sedang terjadi di desktop komputer. Bagaimana jika kita ingin mengubahnya menjadi semi transparan ?

Sebuah software kecil bernama ClearLock karya Jonathan Holmgreen dapat kita manfaatkan. ClearLock tidak perlu instalasi untuk menjalankannya, sehingga dapat dibawa dalam media simpan portabel seperti USB flashdisk. Berikut ini cara menggunakannya:
  1. Ekstrak dahulu berkas executable clearLock.
  2. Dalam folder hasil ekstraksi terdapat dua subfolder yang isinya hasrus disesuaikan dengan prosesor di komputer, yaitu 32bit atau 64bit. Jalankan berkas executable di salah satu subfolder tersebut dengan klik beruntun, lalu klik tombol Run.
  3. Ketik password pengunci layar desktop dan konfirmasinya di kotak dialog Set Password. Klik tombol Save. Layar desktop akan langsung terkunci.
  4. Bagaimana cara menghapus password ? Selain berkas executable clearLock, terdapat berkas konfigurasi ClearLock. Klik beruntun berkas konfigurasi tersebut, hapus isi di bagian password, lalu klik menu File > Save.
Demikian catatan komputer mengenai Kunci Layar Desktop Komputer Semi Transparan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel