Langkah-langkah menghubungkan Laptop dengan LCD

Di rumah saya menggunakan laptop sebagai komputer utama dan Komputer Desktop (CPU) sebagai cadangan. Sekarang ini banyak yang menggunakan Laptop dirumah, karena selain lebih mudah dipindah-pindahkan, laptop lebih nyaman digunakan dari pada menggunakan seperangkat komputer. Namun, banyak juga orang lebih suka menggunakan layar yang besar untuk menyelesaikan pekerjaan mereka, nah kali ini saya akan menghubungkan laptop ke layar yang lebih besar seperti monitor Samsung 12 inci.
Ada dua jenis kabel display yang kita ketahui yaitu VGA (traditional port) dan HDMI (stands for High Definition Media Interface). Komputer saya menggunakan port DVI konektor yang besar dan kita dapat menemukannya di panel layar LCD monitor. Tapi beberapa laptop, kebanyakan port ini tidak tersedia karena ukuran yang berbeda. Jadi, jika monitor Anda menggunakan port DVI, pastikan Anda memiliki kabel VGA port atau port HDMI. Biasanya, kabel sudah tersedia pada dos layar LCD monitor, pada saat kita membelinya, jadi silahkan cek dos LCD monitor Anda.

Berikut langkah-langkah menghubungkan Laptop dengan LCD monitor :
1. Cari kabel yang cocok
Cari kabel cocok untuk televisi monitor yang dihubungkan ke laptop. Cari saja kabel di toko elektronik, bisa anda langsung tanyakan kepada teknisi took elektronik mengenai kabel tersebut.

2. Setting Power Option
Sebelum kita menghubungkan kabel, jika kita laptop bekerja sebagai Komputer (CPU) maka kita harus setting laptop pada pengaturan Power Option (Control Panel – All Control Panel Items – Power Options), pada pengaturan "Choose what closing the lid does". Seperti terlihat pada gambar di bawah ini, pilih "Choose what closing the lid does" dan mulai menghubungkan kabel monitor, keybloard dan mouse eksternal untuk laptop Anda. Tapi jika keyboard / touch pad laptop digunakan sebagai keyboard primer dan pointer mouse, kita dapat melewatkan opsi ini.

3. Mengatur pengaturan tampilan
Pada Panel Control, pilih Display, pilih Pengaturan Tampilan untuk mengatur monitor Anda yang ingin ditampilkan. Tampilan 1 adalah monitor laptop Anda dan Tampilan 2 adalah LCD monitor. Jika Anda ingin menyalin isi layar, Anda dapat memilih "Duplicate these display". Kemudian apply.

4. Menggunakan tombol pintas (keyboard) sebagai alternatif
Jika melihat keyboard laptop, kita akan menemukan tombol pintas untuk mengkonfigurasi tampilan seperti [Fn] + [F1] (Laptop paling Dell) atau [Logo Windows] + P. Cari logo ini
Dengan langkah-langkah menghubungkan Laptop dengan LCD monitor, kita dapat melakukan pekerjaan dengan mudah, apalagi kalau anda seorang design grafis, programmer ataupun pembuat animasi yang memerlukan layar yang besar.


Klik dan Like disini, jika Anda ingin mendapat Artikel Komputer terbaru melalui Facebook