Hati-Hati SMS Spoofing

Hati-Hati SMS Spoofing
Pesan yang mengatasnamakan dan menggunakan nomor telepon orang lain tanpa sepengetahuannya atau disebut dengan SMS Spoofing, kembali sering terjadi. Bahayanya, SMS ini dapat bersifat merusak yang sangat merugikan bahkan, berujung pada tindak kriminal.

SMS Spoofing juga identik dengan tindakan-tindakan semacam penipuan. Siapapun bisa mengakses internet dan teknik yang memungkinkan orang untuk mengirim SMS (gratis) dengan mengatasnamakan orang lain ini pun sangat mudah. Praktik “adu domba” melalui perangkat digital ini hanya memerlukan koneksi internet dan cukup mendaftar di salah satu situs. Mirisnya, sejumlah jaringan operator seluler di Indonesia kabarnya masih bisa ditembus.

Majunya teknologi saat ini memungkinkan seseorang mengirimkan SMS dari ponsel seseorang tanpa diketahui oleh pemilik nomor tersebut. Teknik mengirimkan SMS dengan mengatasnamakan orang lain ini sering disebut dengan istilah spoofing atau ada juga yang menyebut teknik shadow.

Hati-Hati SMS Spoofing
Siapa pun bisa menjadi korban, asalkan ada niatan si pelaku yang didasari atas sebuah kepentingan. Spoofing ini memungkinkan seseorang memfitnah korban, padahal si korban tidak mengetahui kapan ia mengirimkan pesan singkat tersebut.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, apapun bentuk informasi yang berkaitan dengan pesan yang dikatakan orang lain, maka orang tersebut harus mengonfirmasi lebih lanjut.

Misalnya, untuk menghindari dari aksi-aksi penipuan dalam bentuk informasi hadiah uang tunai atau barang atau apapun, menurutnya langkah terbaik yang dilakukan ialah jangan langsung percaya mengenai isi SMS. Crosscheck ke operator adalah langkah terbaik.



Klik dan Like disini, jika Anda ingin mendapat Artikel Komputer terbaru melalui Facebook