Cara Menyembunyikan File atau Folder di Windows 7

Cara Menyembunyikan File atau Folder di Windows 7
Mungkin masih ada yang masih bingung cara menyembunyikan file ataupun folder di Windows 7, biasanya file itu adalah file rahasia kita ataupun folder yang tidak ingin diketahui oleh orang yang menggunakan komputer atau laptop kita.

Cara menyembunyikan file atau folder ini sangat sederhana, tanpa menggunakan software atau program tertentu. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Kita bisa langsung menyembunyikan file-file yang ada dalam folder yang kita buat, jadi cukup folder saja yang kita sembunyikan, maka file-file didalamnya ikut tersembunyi
  2. Sebagai contoh saya membuat folder di dengan nama “sembunyi”, terus saya isikan sembarang file di dalamnya.
  3. Nah sekarang folder “sembunyi” itu ingin kita hilangkan atau sembunyikan. Caranya, klik kanan pada folder tersebut, kemudian pilih Properties.
  4. Selanjutnya akan muncul kotak dialog properties, beri tanda pada Hidden dan klik tombol Apply
  5. Maka akan muncul kotal dialog Confirm Attribute Changes, pilih Apply changes to this folder, subfolders and files,
    lalu klik tombol OK. Kembali lagi ke kotak dialog Properties, terakhir klik tombol OK. Sampai disini folder dan isi di dalamnya sudah kita hilangkan namun masih terlihat apabila kita buka di Windows Eksplorer.
  6. Buka Windows Explorer, klik Menu Organize, lalu pilih Folder and search options
  7. Selanjutnya muncul kotak dialog Folder Options, klik tab View, selanjutnya klik option “Don’t show hidden files, folders, or drives. Lalu klik option “Hide empty drives in the Computer folder”, klik option “Hide extensions for known file types”. Terakhir klik tombol Apply dan tombol OK.
  8. Maka folder dan isinya sudah hilang atau telah kita sembunyikan sekarang, walaupun kita mencari melalui search, maka tidak akan diketemukan.
Demikian cara menyembunyikan folder atau file, bila Anda ingin menampilkan kembali folder tersebut, Anda lakukan kebalikan dari langkah 6 dan langkah 3 – 4 di atas. Semoga artikel komputer ini dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel