Pengertian Tentang Komputer

Pengertian Tentang Komputer
Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti  menghitung (to compute atau to reckon).

Menurut  Blissmer  (1985),  komputer adalah  suatu  alat  elektronik yang  mampu melakukan beberapa tugas,  yaitu menerima input,  memproses input sesuai  dengan instruksi yang diberikan,  menyimpan perintah-perintah dan  hasil pengolahannya,serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.

Komputer merupakan alat yang digunakan untuk mengolah data berdasarkan prosedur yang telah dirumuskan. Kata dari komputer dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya membuat perhitungan aritmatika, dengan alat bantu atau tanpa alat bantu. Tetapi arti komputer, kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir berhubungan dengan masalah perhitungan, tetapi komputer modern dipakai kebanyakan untuk banyak tugas yang tidak ada hubungannya dengan perhitungan atau matematika.

Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer" dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.

Kata komputer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

Klik dan Like disini, jika Anda ingin mendapat Artikel Komputer terbaru melalui Facebook