Pentingnya Mengatur Data di Komputer

Artikel Komputer - Pentingnya Mengatur Data di Komputer. Data atau file yang ada di komputer ataupun dilaptop adalah termasuk asset kita, apalagi bagi orang yang mempunyai pekerjaan yang berhubungan dengan komputer.

Tentunya data atau file yang kita miliki itu perlu di jaga dengan baik dan benar. Banyak sekali kejadian sekarang ini, data yang rusak ataupun data penting yang hilang, yang tentunya membuat kita frustasi, apalagi data tersebut ingin kita gunakan.

Nah untuk itu ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk mengatur data di komputer kita tersebut.
1. Mengatur Drive Komputer atau Laptop
Pada komputer ataupun laptop kita biasanya saat membeli pertama kali, yang ada hanya drive C saja.  Maka kita perlu membagi drive C tersebut, misal kita tambahkan drive D dan Drive E. Kita bisa mengkofuskan data atau file penting kita disimpan di drive D. Dan untuk Drive E kita bisa menyimpan data atau file-file berupa data film, lagu ataupun master program yang kita miliki. Kalau kita tidak tahu cara membagi drive, coba tanyakan saja teman yang pintar membagi drive komputer atau laptop kita.

2. Mengunci Data
Setelah kita mengatur drive, hal yang penting yang perlu kita lakukan adalah memberikan kunci atau password untuk drive. Kenapa hal tersebut kita perlukan ?. Karena data kita akan aman dari orang-orang akan sengaja menghapus, mengcopy data penting kita. Selain itu data kita juga lebih aman dari virus komputer. Tanyakan pada orang yang mempunyai program untuk mengunci drive atau password drive. Kalau saya pribadi, hanya menggunakan program bawaan windows 7 yaitu BitLocker Drive Encryption.

Pentingnya Mengatur Data di Komputer
3. Backup Data
Nah hal yang paling penting adalah mempunyai backup data. Dengan adanya backup data, data yang hilang bisa kita dapatkan melalui backupan data yang kita buat. Upayakan data kita buat copyan atau backup setiap hari. Kalau saya pribadi setiap minggu sekali, membuat backup data yang saya simpan di komputer ataupun di hardisk external yang memang saya beli untuk membackup data-data penting saya.

Saya kira demikian cara saya untuk mengatur data di komputer, semoga artikel mengenai Pentingnya Mengatur Data di Komputer dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel