Cara Membackup Data Facebook Anda

Artikel Komputer - Cara Membackup Data Facebook Anda

Pada tanggal 24 September 2015, tetapnya Kamis malam, jaringan sosial media terbesar yaitu facebook tiba-tiba down, hal tersebut terjadi sekitar 45 menit lamanya. Downnya facebook membuat para pengguna facebook kecewa dan marah. Karena Anda pasti tahu banyak foto ataupun data-data penting kita yang tersimpan di facebook.

Meskipun Facebook sering membanggakan akan kehandalannya, situs ini telah beberapa kali mengalami down dalam dua tahun terakhir dengan jangka waktu yang relatif sama.Keterangan resmi tentang penyebab berhentinya layanan Facebook ini belum diberikan.

Cara Membackup Data Facebook Anda

Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan terburuk hilangnya data, foto dan video Anda akibat laman tak bisa diakses, ada baiknya kita membuat backup atau cadangan data pribadi kita di Facebook. Dengan cara ini, seluruh data pribadi, komentar, foto dan video kita akan tersimpan di dalam lokal disk komputer Anda.

Yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah Login ke akun Facebook, klik tombol panah di bagian kanan atas, pilih pengaturan. Pada bagian paling bawah Pengaturan Umum Akun akan tersedia link bertuliskan "Unduh salinan data Facebook Anda" (Download a copy of your Facebook data), klik link tersebut lalu klik Mulai Arsip Saya.

Cara Membackup Data Facebook Anda

Setelah itu akan ada jendela konfirmasi yang muncul yang mengatakan bahwa data Anda sedang dikumpulkan dan Facebook akan mengirimkan email konfirmasi bila data telah siap di unduh. File yang terunduh akan berbentuk zip dan untuk mengaksesnya Anda hanya diminta memasukkan password facebook.

Dengan mengunduh data ini, file-file berharga Anda akan aman tersimpan di  disk penyimpanan lokal dan Anda pun tak perlu terlalu khawatir akan kehilangan data. Yang perlu dilakukan selanjutnya setelah semua data terunduh adalah memindahkan data tersebut ketempat yang menurut Anda aman. Anda bisa menyimpan data di cloud storage seperti Dropbox atau Google Drive, memindahkannya ke CD atau ke hardisk eksternal dan flashdisk Anda.

Perlu dicatat bahwa data yang benar-benar tersimpan di dalam penyimpinan lokal adalah data berbentuk file text seperti data pribadi dan komentar atau status kita. Sementara untuk foto full version dan video kita tetap membutuhkan sambungan internet untuk mengaksesnya karena file tersebut diletakkan di server Facebook.

Karena unduhan backup data ini berisi seluruh data pribadi Anda yang mungkin bersifat sensitif, silahkan untuk menyimpan file di tempat yang menurut Anda benar-benar aman.

Demikian Artikel komputer mengenai Cara Membackup Data Facebook Anda, semoga dapat menjadi informasi yang berguna bagi Anda. sumber : mirror.co.uk

Klik dan Like disini, jika Anda ingin mendapat Artikel Komputer terbaru melalui Facebook