Cara Mengamankan Data Smartphone Android

Artikel Komputer - Cara Mengamankan Data Smartphone Android

Cara Mengamankan Data Smartphone Android

Artikel mengenai cara menangamankan data smartphone android sangat diperlukan sekali apabila smartphone android kita dicuri atau hilang disuatu tempat atau mungkin saja anda lupa menaruhnya dimana. Dicuri atau kehilangan smartphone Android tentu saja membuat kita menjadi pusing. Karena data-data yang ada didalam smartphone Android itu adalah data pribadi yang tidak boleh diketahui oleh orang lain.

Tapi jangan sedih dulu setidaknya Anda bisa mencoba berbagai hal untuk melacak dan menemukan smartphone Anda hilang atau dicuri orang dengan memanfaatkan setting-an bawaan dari Android tanpa aplikasi.

Walaupun aplikasi bawaan Android untuk melacak Android yang hilang tidak menjamin ponsel Anda kembali, tetapi setidaknya data penting milik Anda dapat terhapus dengan baik dan tidak digunakan untuk hal-hal lain. Anda juga bisa mengetahui dimana posisi smartphone Anda melalui bantuan GPS. Bahkan smartphone Android Anda juga dapat berbunyi dengan sangat kencang walaupun tidak ditekan nada deringnya.

Untuk menghindari hal itu maka sebagai pengguna perangkat Android sebaiknya mengetahui cara-caranya terlebih dahulu agar bisa melacak smartphone Android yang hilang. Berikut cara awal setelah membeli smartphone Android agar mudah melacak smartphone pada saat smartphone hilang atau dicuri orang :
  1. GPS Diaktifkan terlebih dahulu. Agar pelacakan smartphone Android Anda bekerja, maka GPS harus diaktifkan terlebih dahulu. Untuk melakukan ini, Anda cukup masuk notifikasi pada layar Anda dan memastikan lokasi ikon diaktifkan.
  2. Mengatur Keamanan. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengatur pengaturan keamanan pada setelan Google. Dengan cara pada bagian ‘Pengelola Perangkat Android’ beri tanda ceklis pada ‘Cari lokasi perangkat ini dari jarak jauh’ dan ‘Izinkan mengunci dan menghapus dari jarak jauh’. Sebagai ujicoba setelah semua setelan telah dilakukan dengan baik, Anda dapat mecobanya dengan meletakan smartphone Android Anda ke tempat lain, semisal di rumah teman atau saudara. Sebagai catatan, akses data operator hasus tersambung dan sebelumnya Anda telah melakukan login akun Gmail di perangkat Android yang digunakan.
Untuk sekedar ujicoba dibutuhkan perangkat yang akan dijadikan remote atau pengendali seperti perangkat PC, laptop, atau smartphone lain. Berikut cara melacak smartphone Android yang hilang :
  1. Buka situs Android Device Manager. Setelah klik situs tersebut kemudian sign in menggunakan akun Gmail Anda. Ingat bahwa Anda harus memasukan akun Gmail yang sama dengan akun yang sudah login pada ponsel Android tersebut . Setelah Anda masuk terlihat dari tampilan peta yang di tampilkan di Google Maps akurasinya cukup baik mencakup area 20 meteran.
  2. Bunyikan, Kunci dan Hapus. Pada gambar di atas terdapat dua menu yaitu Deringkan dan Siapkan Kunci dan Hapus. Untuk fungsi yang pertama yaitu Deringkan berfungsi untuk menimbulkan suara dengan volume tertinggi selama 5 menit, artinya dengan volume ini Anda dapat mengetahui keberadaan smartphone Android Anda. Suara tersebut berbunyi hanya berlaku jika smartphone dalam keadaan hidup. Sementara untuk menu yang kedua yaitu Siapkan Kunci & Hapus terlebih dahulu Anda harus melakukan pengaturan keamanan menu yang Ada di Android Anda. Jadi mulai sekarang aktifkan menu ini karena jika belum di aktifkan secara otomatis menu ini tidak bisa di gunakan.
Demikian artikel komputer mengenai Cara Mengamankan Data Smartphone Android, semoga artikel ini menjadi informasi yang berguna bagi kita. Sumber : Kang Didno - viva.co.id


Klik dan Like disini, jika Anda ingin mendapat Artikel Komputer terbaru melalui Facebook