Cara Jitu Hemat Baterai Android

Artikel Komputer - Cara Jitu Hemat Baterai Android

Produk terbaru smartphone yang kebanyak dijual dipasaran memproduksi smartphone dengan layar beresolusi yang tinggi, mempunyai prosesor yang tahan banting, serta dapat digunakan untuk multitasking.

Sayangnya, semua fitur baru dan kemampuan untuk melakukan hal-hal baru, menyebabkan penggunaan baterai cepat terkuras. Ditambah dengan seringnya menggunakan beragam aplikasi, membuat baterai cepat sekali habis.
Cara Jitu Hemat Baterai Android

Dan jika baterai habis saat kita di perjalanan atau sedang di luar, mungkin akan 'mati gaya.' Apalagi jika Anda seorang pebisnis, maka hal-hal penting bisa terlewatkan.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa tips dan trik sederhana namun berguna untuk meningkatkan daya tahan baterai smartphone Anda, terutama bagi Anda pengguna Android.

Berikut Tips agar android baterai lebih awet atau untuk menghemat baterai, yang kami kutip dari Gizbot.com:
  1. Pastikan perangkat tetap dingin.
    Menurut beberapa studi, suhu tinggi akan mengurangi daya tahan baterai. Dan menjaga perangkat dalam keadaan dingin, akan meningkatkan siklus hidup perangkat smarrtphone.

  2. Jangan pasang aplikasi beriklan.
    Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti Amerika mengungkapkan bahwa, aplikasi yang didukung iklan mengurangi masa pakai baterai rata-rata 2,5 jam. Sayangnya, hampir semua aplikasi gratis didukung oleh iklan yang dapat menguras baterai smartphone.

  3. Matikan pelacak lokasi.
    Aplikasi seperti Facebook menguras baterai, karena terus melacak lokasi pengguna menggunakan GPS. Dalam perangkat Android, Anda dapat mematikan pelacak lokasi di pengaturan: Settings Lokasi dan matikan pelacak lokasi.

  4. Kurangi kecerahan.
    Layar smartphone Anda mengkonsumsi daya tahan baterai hingga maksimum. Jika Anda ingin memperpanjang umur baterai, atur kecerahan layar pada posisi minimum atau kecil.

  5. Perbarui aplikasi lewat Wi-Fi saat melakukan pengisian.
    Secara umum, apa pun yang menggunakan bandwidth cenderung mengkonsumsi banyak baterai. Disarankan untuk memperbarui aplikasi melalui wi-fi, dan saat pengisian baterai dilakukan.

  6. Hidupkan smartphone pada mode daya rendah.
    Sayangnya, tidak semua smartphone Android dilengkapi dengan mode penghemat baterai, tetapi jika Anda menggunakan perangkat Android 5.0 atau yang lebih baru, maka Anda dapat mengaktifkan mode daya rendah.

  7. Mode pesawat.
    Smartphone menggunakan banyak baterai untuk mencari jaringan. Dianjurkan untuk beralih modus pesawat, jika Anda berada di suatu tempat dengan sinyal yang buruk, sehingga telepon Anda tidak terus mencoba untuk menghubungkan dan menguras baterai.

  8. Matikan beberapa fungsi.
    Matikan semua layana sepertin Wi-Fi, Bluetooth, GPS dan NFC jika Anda tidak benar-benar menggunakannya. Ini akan memberikan daya hidup baterai sedikit lebih lama.

  9. Pasang aplikai penghemat baterai.
    Di toko aplikasi Android, banyak sekali aplikasi penghemat baterai seperti Guru, Defender dan banyak lagi. Aplikasi ini membantu untuk mengelola konsumsi baterai dan menyesuaikan pengaturan secara efisien.

  10. Hapus aplikasi boros baterai.
    Hindari menggunakan aplikasi yang mengonsumsi baterai banyak seperti game, video, dan aplikasi lain yang didukung oleh iklan. Aplikasi ini akan mengkonsumsi daya tahan baterai dengan maksimum.
Baca juga Cara Jitu Memilih Powerbank

Semoga artikel komputer mengenai Cara penguat baterai android Anda, dapat menjadi informasi teknologi yang bermanfaat bagi kita semua. Sumber : http://www.tehnografi.com.


Klik dan Like disini, jika Anda ingin mendapat Artikel Komputer terbaru melalui Facebook