10 Shortcut Keyboard Yang Wajib Anda Tahu

Artikel Komputer. Penggunaan shortcut pada keyboard tentunya sangat membantu kita dalam menjalankan tugas di depan komputer, kita dapat mengurangi beberapa hal yang selalu berulang. Misal saja, menyalin kata atau kalimat, kita hanya menyorot kata tersebut dengan menekan tombol CTRL + C. Penggunaan shortcut ini tentunya sangat membantu kita, dari pada kita menggunakan menggerakan mouse, terus memilih copy dan memilih paste pada file menu atau klik kanan mouse.

Nah berikut ini 10 shortcut keyboard yang wajib anda tahu, kalau perlu dihapal mati.

10 Shortcut Keyboard Yang Wajib Anda Tahu

10 Shortcut Keyboard Yang Wajib Anda Tahu


1. Shortcut Ctrl + C, Ctrl + Insert dan Ctrl + X
Kedua shortcut Ctrl + C dan Ctrl + Insert berguna untuk menyalin teks yang disorot atau item yang dipilih. Jika Anda ingin memindahkan atau menghilangkan teks, kita gunakan shortcut Ctrl + X.

2. Shortcut Ctrl + V atau Shift + Insert
Kedua shortcut Ctrl + V dan Shift + Insert, berguna untuk menyisipkan teks atau objek yang telah dicopy (Ctrl + C atau dipindahkan (Ctrl + X) sebelumnya.

3. Shortcut Ctrl + Z
Menekan tombol Ctrl + Z (Undo) berguna untuk mengulang atau membatalkan pekerjaan yang baru saja kita lakukan. Misal, jika Anda menghapus teks, kemudian menekan shortcut Ctrl + Z, berarti teks yang kita hapus, akan kembali lagi. Shortcut ini juga dapat ditekan beberapa kali untuk membatalkan atau mengulang beberapa perubahan.

4. Shortcut Ctrl + F
Menekan tombol Ctrl + F untuk membuka Find atau pencarian. Seperti di browser Mozilla Firefox, dengan menekan Ctrl + F, berarti untuk mencari teks pada halaman browser tersebut. Silahkan Tekan Ctrl + F sekarang untuk membuka Find pada browser Anda dan mencari "jalan pintas" untuk menemukan setiap kali shortcut disebutkan di halaman ini.

5. Shortcut Alt + Tab atau Ctrl + Tab
Menekan Alt + Tab beralih antara satu program ke program lain yang terbuka. Misalnya, jika Anda memiliki program jendela browser Anda terbuka dan program lainnya, tekan dan tahan Alt dan kemudian tekan tab untuk berpindah melalui setiap program yang terbuka.

Tip: Tekan Ctrl + Tab untuk berpindah antar tab dalam sebuah program. Misalnya, jika Anda memiliki beberapa tab yang terbuka di browser Anda sekarang tekan Ctrl + Tab untuk beralih di antara tab yang terbuka.

Tip: Menambahkan tombol Shift untuk Alt + Tab atau Ctrl + Tab bergerak mundur. Misalnya, jika Anda menekan Alt + Tab dan lulus program yang ingin Anda gunakan, tekan Alt + Shift + Tab untuk kembali ke program itu.

Tip: Windows Vista dan 7 pengguna juga dapat menekan Windows Key + Tab untuk berpindah melalui program terbuka di screenshot penuh jendela.

6. Shortcut Ctrl + Backspace dan Ctrl + Panah Kiri atau Panah Kanan
Menekan Ctrl + Backspace berguna untuk mundur per kata. Kalau Anda ingin menyorot/seleksi mundur per kata, tekan tombol Ctrl + Shift + Backspace

Menekan tombol Ctrl sambil menekan tombol panah kiri atau kanan akan memindahkan kursor per satu kata. Jika Anda ingin menyorot/seleksi per satu kata, tekan dan tahan tombol Ctrl + Shift dan kemudian tekan tombol panah kiri atau kanan untuk bergerak per satu kata.

7. Shortcut Ctrl + S
Ketika bekerja pada sebuah dokumen atau file di setiap program, menekan tombol Ctrl + S berarti menyimpan file tersebut. Gunakan shortcut ini jika Anda sedang bekerja, dan lakukan setiap saat apabila Anda sudah banyak bekerja atau mengetik tugas Anda, hal ini untuk menghindari pengetikan ulang apabila terjadi masalah, seperti komputer atau laptop kita tiba-tiba rusak atau hang. Sehingga pekerjaan kita tetap ada dan tidak sia-sia mengerjakannya.

8. Shortcut Ctrl + Home atau Ctrl + End
Ctrl + Home akan memindahkan kursor ke awal dokumen, dan Ctrl + End akan memindahkan kursor ke akhir dokumen. Shortcut ini bekerja dengan sebagian besar dokumen, serta halaman web.

9. Shortcut Ctrl + P
Shorcut ini berguna untuk melihat print preview dari halaman saat ini atau dokumen yang terbuka. Misalnya, tekan Ctrl + P sekarang untuk melihat pratinjau cetak halaman ini.

10. Shortcut Page Up, ruang bar, dan Page Down
Menekan baik halaman atas atau bawah halaman utama akan memindahkan halaman yang satu halaman pada waktu ke arah itu. Ketika browsing internet, menekan spasi juga bergerak halaman bawah satu halaman pada satu waktu.

Tip: Jika Anda menggunakan spasi untuk turun satu halaman pada satu waktu, tekan tombol Shift dan bar ruang untuk naik satu halaman pada satu waktu.
Tip: Jika Anda menggunakan spasi untuk turun satu halaman pada satu waktu, tekan tombol Shift dan bar ruang untuk naik satu halaman pada satu waktu.

Demikian artikel komputer yang membahas mengenai 10 shortcut keyboard yang wajib anda tahu, semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel