Operator dengan Kecepatan 4G LTE Tercepat di Indonesia

Apakah Anda sudah menggunakan koneksi data 4G LTE ? Atau baru ingin mencoba menggunakan koneksi internet mobile yang katanya paling cepat ini?. Mungkin di negara Indonesia ini memang masih sulit ya mendapatkan koneksi super cepat tersebut.

Tenang saja, kami akan membantu kamu menelusuri jaringan yang memiliki kecepatan 4G LTE paling ngebut! dan tercepat.

Saat ini ada enam provider jaringan 4G LTE di Indonesia: XL Axiata, Telkomsel, Indosat, Smartfren, Bolt, dan Tri. Mana yah Operator dengan Kecepatan 4G LTE Tercepat di Indonesia.

1. Smartfren

Ucapkan selamat tinggal pada CDMA Smartfren. Perusahaan berambisi untuk mengajak seluruh pelanggannya masuk ke GSM dan menggunakan layanan 4G LTE yang diklaim mampu mencapai 49 Mbps, lumayan. Pada bulan Maret 2016, Smartfren katanya sudah memiliki sekitar 1,4 juta pelanggan 4G, dan menjangkau 85 kota di Indonesia.

Targetnya pada tahun 2016, Smartfren bisa memiliki sekitar 5 juta pelanggan 4G, dan melayani penggunanya di 100 kota di nusantara!

Fakta di lapangan: Kecepatan download 4G LTE Indosat mencapai 23,54 Mbps di wilayah Mega Kuningan, Jakarta Selatan (pantauan oleh CNN Indonesia pada Desember 2015).

Harga: Dengan Rp 100.000 per bulan, kamu bisa mendapatkan pengalaman internetan limitless dengan Smartfren 4G. Kuota yang kamu dapatkan 4 GB, dan bila sudah menghabiskan kuota akan tetap terkoneksi dengan internet namun dengan kecepatan yang lebih rendah.

2. Telkomsel

Layanan 4G LTE Telkomsel diklaim mampu mencapai kecepatan 72 Mbps, artinya masih kalah cepat dengan klaim dari XL. Hingga akhir tahun 2015, Telkomsel sudah memiliki lebih dari 1,8 juta pelanggan 4G dan layanannya pun sudah hadir di 30 kota di Indonesia.

Sebagai raja di era 3G, Telkomsel juga berambisi mendominasi era 4G. Mereka berencana membangun kurang lebih 13.000 BTS, agar layanan 4G yang ngebut bisa menjangkau hingga 90 kota atau kabupaten tahun ini.

Fakta di lapangan: Kecepatan download 4G LTE Telkomsel mencapai 1,11 Mbps di wilayah Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Namun di Pulo Gadung, Telkomsel berhasil menunjukkan taringnya dengan kecepatan download 39,76 Mbps (pantauan oleh CNN Indonesia pada Desember 2015).

Harga: Salah satu paket yang ditawarkan oleh Telkomsel bisa kamu dapatkan dengan harga Rp.110.000 (4 GB kuota untuk koneksi 4G + 2 GB kuota untuk koneksi wifi).

3. XL Axiata

XL sih ngakunya memiliki kecepatan jaringan 4G LTE bisa mencapai 70 hingga 100 Mbps, tergantung pada alokasi frekuensi yang tersedia pada setiap wilayah. Saat ini layanan 4G LTE yang ditawarkan XL pun sudah ada di sekitar 35 kota di Indonesia, dan memiliki 3 juta pelanggan pada akhir Desember 2015.

Perusahaan ingin memperluas cakupan menjadi 85 kota dan 9 juta pelanggan 4G LTE di akhir tahun. Untuk mencapai target itu, XL berencana meluncurkan paket bundling dengan kecepatan up to 150 Mbps dan kuota sebesar 20 GB! Rencananya sih dihadirkan pada bulan April ini, dan baru tersedia untuk beberapa kota, di antaranya Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Fakta di lapangan: Kecepatan download 4G LTE XL mencapai 28,28 Mbps di wilayah Mega Kuningan, Jakarta Selatan (pantauan oleh CNN Indonesia pada Desember 2015).

Harga: Dengan Rp.120.000, kamu bisa mendapatkan paket HotRod 4G XL dengan kuota sebesar 4 GB (plus 4 GB untuk koneksi non-4G).

4. Tri

Operator yang satu ini terkenal dengan satu ciri khas yang paling diminati oleh banyak orang, yaitu murah meriah! Meskipun sedikit telat, Tri akhirnya juga mengkomersialkan teknologi 4G LTE pada akhir Maret 2016.

Sebagai permulaan, Tri memulai dengan menyebarkan layanannya tersebut ke 6 kota, yaitu Batam, Pontianak, Makassar, Jakarta, Bandung, dan Denpasar dengan kecepatan 36 Mbps. Pelanggan data 3G di kota tersebut bisa langsung mencicipi kecepatan 4G milik Tri dengan menukarkan kartu SIM mereka.

Tri berencana untuk menambah jangkauan 4G LTE ke beberapa kota lagi pada tahun ini. Dan karena layanan ini termasuk baru, kecepatan aktual 4G Tri belum dicek.

Harga: Dengan Rp 125.000, kamu akan mendapatkan internet Tri dengan kuota 5 GB.

5. Bolt!

Tahukah kamu bahwa Bolt merupakan merek pertama yang memperkenalkan koneksi 4G LTE di Indonesia. Produknya berupa modem terpisah saat itu, dan sekarang pun sudah memasuki paket bundling dengan smartphone. Bolt mengklaim mampu menembus kecepatan hingga 200 Mbps!

Namun, Bolt hanya fokus beroperasi di Jabodetabek dan Medan saja. Mereka pun sudah mencapai 1,8 juta pelanggan 4G pada Februari 2016. Di akhir tahun 2016, Bolt berambisi menambah jumlah pelanggan hingga 3 juta. Belum disebutkan bila Bolt akan merambah kota lainnya di Indonesia tahun ini.

Fakta di lapangan: Kecepatan download 4G LTE Bolt hanya mencapai 2,3 Mbps di wilayah Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Malahan, Bolt tidak dapat terkoneksi di Pulo Gadung saat pengetesan (pantauan oleh CNN Indonesia pada Desember 2015).

Harga: Harga paket data yang ditawarkan tergolong sangat menggiurkan, yaitu dengan Rp.99.000, kamu bisa puas menjelajahi internet dengan kuota sebesar 8 GB. Psst… Kamu sekarang juga bisa beli modem Bolt dan voucher isi ulang kuotanya dengan cicilan 0% nih!

Operator dengan Kecepatan 4G LTE Tercepat di Indonesia

Meskipun tidak sebaik negara yang lain, Indonesia dapat dikatakan punya perkembangan yang cukup pesat dalam hal infrastruktur 4G LTE. Jika pada awal tahun, 4G masih didominasi oleh operator-operator besar seperti Telkomsel dan Xl, kini Smartfren menggebrak dengan menjadi operator dengan coverage terluas di Indonesia. Jangkauan Smartfren telah mencakup 78% di tahun ini, jauh meninggalkan operator lainnya seperti Telkomsel dengan 35%, Indosat dengan 23%, dan XL dengan 19%.

Untuk urusan kecepatan internet, XL menjadi juaranya. Ia memiliki kecepatan tertinggi hingga 12 Mbps, meninggalkan Telkomsel di kecepatan 11 Mbps, Indosat di 10 Mbps, dan Smartfren di kecepatan terendah yaitu 7 Mbps.

Demikian artikel komputer mengenai Operator dengan Kecepatan 4G LTE Tercepat di Indonesia, semoga dapat bermanfaat.

Klik dan Like disini, jika Anda ingin mendapat Artikel Komputer terbaru melalui Facebook