Cara-Cara Merawat Baterai Laptop yang Baik

baterai laptop
  1. Jangan mematikan laptop dalam kondisi baterai 40%. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada baterai. Untuk penjelasan lebih lanjutnya saya juga belum tau kenapa, yang pasti ilmu ini saya dapatkan dari internet :D
  2. Jangan charge hingga kepenuhan saat laptop mati Melakukan charging sampai baterai kepenuhan terbukti menyebabkan lama daya tahan baterai berkurang. Secara teknis memang saya juga belum tahu pasti tapi sudah saya buktikan dan banyak juga teman-teman saya yang sudah membuktikannya. Terutama kebiasaan mencharge laptop kemudian ditinggal tidur dan pagi-pagi setelah kita bangun led baterai laptop udah pertanda penuh.Memang sepertinya biasa aja, tapi dampaknya bakalan luar biasa.
  3. Jangan lepas baterai ketika laptop dihidupkan 
  4. Mode AC tanpa baterai memungkinkan terjadi kerusakan pada motherboard akibat listrik tidak stabil / listrik mati mendadak, dan jika motherboard rusak sama aja dengan kerusakanpada laptop keseluruhan. Tapi memang menghemat baterai (namanya juga gak dipakai, ya pasti awet itu baterai).
  5. Mode AC dengan baterai memungkinkan terjadi penurunan kualitas baterai tapi sangat amanbagi kesehatan laptop jika terjadi listrik mati mendadak.
  6. Jadi saya sarankan agar tidak melepas baterai saat menggunakan laptop.
  7. Lepas baterai laptop jika laptop tidak digunakan dalam jangka waktu lama (24 jam)
  8. Lakukan kalibrasi baterai setiap 30 kali charge (default).
  9. Kalibrasi digunakan agar kalkulasi baterai tetap akurat, b erikut adalah caranya: 
  10. Charge laptop sampai penuh (100%) dan biarkan kabel charge tertancap selama 2 jam sembari digunakan laptop buat aktifitas.
  11. Aktifkan system hibernate.
  12. Setting agar system hibernate dijalankan otomatis jika baterai laptop udah habis (critical battery).
  13. Gunakan laptop dengan aktifitas-aktifitas sobat dan tunggu sampai baterai habis dan system hibernate dilakukan.
  14. Selama hibernate diamkan laptop selama kurang lebih 8 jam dengankondisi baterai tetap tertancap.
  15. Setelah 8 jam, charge laptop selama sampai penuh namun laptop dalam kondisi masih hibernate (belum dihidupkan).
  16. Tambahan : Gunakan software battery care agar tidak perlu repot-repot menghitung berapa kali kita mencharge baterai laptop. Karena software ini akan mencatatnya hingga looping ke berapa kita mencharge baterai laptop.


Klik dan Like disini, jika Anda ingin mendapat Artikel Komputer terbaru melalui Facebook