Membuat blog sekolah gratis dengan CMS Balitbang

Mungkin anda semua sudah tahu mengenai CMS Balitbang, kali ini saya akan mereview ulang mengenai CMS Balitbang itu sendiri. CMS Balitbang dibuat oleh Sekretariat Balitbang Kemdikbud pada bulan Desember 2012.

Adapun tujuan dari pembuatan web sekolah dengan CMS Balitbang ini, akan dapat memberikan kemudahan bagi sekolah yang belum mempunyai website sekolah dengan mudah, khususnya untuk Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Selain itu dengan adanya website gratis ini dapat mempercepat dan meningkatkan pelayanan pendidikan bagi siswa atau peserta didik, guru atau tenaga pendidik dan seluruh staf sekolah dalam memanfaatkan teknologi informasi sekarang ini.

Mungkin ada yang belum paham, apa sih itu CMS Balitbang. Content Management System atau disingkat dengan (CMS) adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengelola website, seperti mengupdate informasi dengan mudah, sehingga bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien, serta pengguna dapat lebih mudah menggunakannya. Disebut CMS Balitbang karena Badan Penelitian dan Pengambangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Balitbang Kemendikbud) yang melaksanakan program ini.

Template atau design website CMS Balitbang pun sudah ada atau istilahnya barang jadi, tinggal kita pakai saja. Untuk penggunaan anda bisa cari di google, banyak kok artikel mengenai mulai penginstallan dan penggunaannya.

Kalau saya sudah mencoba CMS Balitbang Versi 2.5.3 di laptop saya, dan hasilnya cukup memuaskan untuk website sekolah. Saya mendownload CMS Balitbang Versi 2.5.3, terus saya menggunakan Xampp untuk menjalankan program tersebut, hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut ini :
Bagaimana sobat artikel komputer, lumayan bukan, nah klo ada sekolah yang belum punya website, saya rekomendasikan menggunakan CMS Balitbang saja. Okey. Semoga artikel komputer dengan cara membuat website gratis dengan CMS Balitbang ini dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel