Cara Melepas Flashdisk Tanpa Safe Remove di Komputer atau Laptop

Kebiasan kita sebelum melepas flashdisk dari port USB komputer atau laptop, harus memilih safely remove dulu. Hal ini dilakukan agar data kita di dalam flashdisk tidak akan rusak.

Walaupun bertujuan baik, safely remove tetap memakan waktu dan bisa jadi memperlambat gerak pengguna. Terutama saat sedang terburu-buru dan ingin bertindak lebih cepat.

Sebenarnya safely remove tersebut tidak wajib. Ya, setiap USB flashdisk bisa diatur agar dapat dipasang dan dilepas begitu saja tanpa harus lebih dulu memilih safely remove.

Berikut ini cara melepas flashdisk agar tidak pelu lagi di safely remove.

Cara Melepas Flashdisk Tanpa Safe Remove di Komputer atau Laptop

1. Pilih Quick Removal
Pada menu tersebut pilih tab Policies dan carilah bagian Removal Policy. Kemudian pilih Quick Removal (default). Dengan cara ini baik USB maupun Windows tidak akan membuat cache, sehingga flashdisk Anda bisa langsung dilepas setelah selesai dipakai.

2. Cari Disk Drives
Selanjutnya carilah bagian Disk Drive dan klik untuk melihat daftar disk yang terhubung ke komputer. Klik dua kali di nama USB dan akan muncul sebuah menu.

3. Pasang USB Flashdisk
Pasang USB flashdisk di komputer atau laptop. Selanjutnya segera jalankan aplikasi Device Manager. Anda cukup menekan tombol berlogo Windows di komputer atau laptop, kemudian ketik "device manager" di bagian search bar. Maka aplikasi tersebut bisa langsung dipilih.

Namun tentu saja Anda tetap tidak disarankan melepas USB flashdisk saat sedang menggunakannya untuk menyalin data, memainkan film, atau berbagai kegiatan lainnya.

Selesaikan dulu proses menyalin data dan pastikan lampu indikator di flashdisk sudah mati sebelum Anda melepaskannya.

Demikian artikel komputer yang membahas mengenai Cara Melepas Flashdisk Tanpa Safe Remove di Komputer atau Laptop, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel