Cara menjaga agar anak aman bermain komputer dan internet

Biasanya seorang anak mempunyai sifat yang ingin serba tahu, membuka folder komputer, membuka file atau program yang mereka ingin lihat, namun hal tersebut sangat lumprah. Jadi kita sebagai orang tua tidak bisa membiarkan saja anak menggunakan komputer atau laptop, tampa bimbingan atau arahan orang tua.

Kebanyakan para orang tua memberikan komputer atau laptop kepada anak, agar anak tersebut dapat bermain game, atau bisa juga karena ada tugas rumah (PR) dari sekolah, sehingga kita langsung memberikan tanpa khawatir kalau data atau komputer kita bisa rusak. Namun hal tersebut bisa saja berakibat fatal bagi orang tua, misalnya saja, seorang anak mempunyai tugas mencari data melalui internet, namun yang dibuka adalah website yang mengandung virus. Misalnya lagi, apa bila pekerjaan rumah mereka simpan, dapat menimpah atau menghapus data penting kita. Dan kejadian tersebut tanpa pengetahuan anak itu sendiri atau anak itu tidak memberitahukan hal tersebut karena mereka takut pada orang tuanya.

Di dunia internet para orang tua mengetahui banyak keuntungan yang dapat kita peroleh, namun perlu juga kita sadari banyak kerugian penggunaan internet, apalagi bagi putra putri kita. Sudah banyak kejadian informasi atau kejadian penculikan anak, gara-gara berteman dengan seseorang melalui jejaring sosial misalnya facebook. Melalui pertemanan, kemudian chat-chat, lalu pertemuan langsung, seorang bisa kena penipuan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Nah cara apa yang perlu kita lakukan, agar anak aman bermain komputer dan berinternet ?
  1. Temani Anak Anda. Dengan menemani anak Anda, kita bisa langsung mengajarkan apa yang perlu dilakukan. Misalnya saja cara membuat folder, sehingga mereka mengetahui folder tempat penyimpanan data mereka sendiri. Misalnya lagi mengajarkan anak Anda berinternet, hal-hal apa saja yang bisa dibuka dan dilarang. Anda juga perlu pertemanan di facebook dengan anak Anda sendiri, sehingga kita bisa pantau atau mengawasi teman-teman facebook dari anak kita. 
  2. Simpan komputer atau laptop Anda ditempat yang aman. Hal ini kita lakukan agar laptop atau komputer lebih aman, karena bisa saja anak tidak sengaja menyenggol atau mendorong komputer atau laptop kita. Dan hal ini juga bisa memberikan larangan, agar tidak boleh menggunakan komputer atau laptop tanpa sepengetahuan kita. 
  3. Membuat aturan penggunaan komputer atau laptop. Buat suatu aturan bagi anak kita, mengenai hal-hal yang tidak boleh mereka lakukan. Misalnya saja membuka drive dan folder apa yang mereka bisa buka, program atau software yang mereka buka dan hanya membuka situs tertentu saja. Selain melarang membuka situs yang tidak kita inginkan, ada baiknya kita menceritakan mengenai situs yang kita larang tersebut, kenapa dilarang membuka dan bahaya apa yang terjadi kalau dibuka. Kita juga bisa menceritakan berbagai kasus yang terjadi, seperti chat dengan seseorang yang tidak dikenal di facebook. Hal tersebut kita lakukan agar anak bisa menyadari, semua larangan yang kita lakukan. 
  4. Tetap mengawasi kegiatan Anak. Hal yang mungkin perlu kita ketahui, situs apa yang mereka telah buka, kita juga perlu tahu akun email, facebook, agar kita lebih mudah memantau anak kita. 
  5. Aktif berkomunikasi dengan Anak Anda. Tanyakan kendala-kendala apa yang mereka dapat, misalnya dalam mengerjakan tugas mereka di komputer. Menjawab setiap permasalahan mengenai komputer, misalnya cara mencari informasi di internet. 
  6. Buatlah user akun terpisah. Biasanya kalau di windows 7, kita bisa membuka user akun tersendiri untuk anak Anda, sehingga kita bisa mengatur program apa yang mereka buka. Misalnya saja kita dapat menyetting pada browser Mozilla, agar tidak dapat membuka situs-situs yang tidak kita inginkan. Bisa juga kalau Anda membuat proteksi bagi drive atau folder Anda, sehingga kita tidak takut lagi apabila mereka tidak sengaja menghapus data kita. 
Semoga artikel komputer mengenai cara menjaga agar anak aman bermain komputer dan internet dapat bermanfaat bagi kita semua.


Klik dan Like disini, jika Anda ingin mendapat Artikel Komputer terbaru melalui Facebook