Hal Baru Tentang PowerPoint 2013

Hal Baru Tentang PowerPoint 2013
Hal Baru Tentang PowerPoint 2013 - Mengapa PowerPoint 2013? Apa yang istimewa dari PowerPoint 2013? Mungkin pertanyaan-pertanyaan itulah yang muncul dibenak Anda ketika artikel ini muncul di blog ini. Atau lebih tepatnya, mengapa blog yang bertemakan pendidikan matematika ini membahas mengenai software yang tidak begitu “dekat” dengan dunia matematika? Alasan pertama, saat ini memang tidak dapat dipungkiri bahwa Microsoft PowerPoint dapat memudahkan tenaga pendidik maupun peserta didik dalam mempresentasikan bahan ajar ataupun tugas akademik. Dengan software ini, bahan yang berat dapat dikemas sedemikian sehingga dapat dipresentasikan secara lebih menarik, sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat tertangkap secara utuh oleh audiens. Alasan yang kedua, sejak awal kami memang sudah menaruh respect terhadap PowerPoint. Buktinya, banyak postingan-postingan kami yang mengangkat materi matematika yang dikemas dalam PowerPoint ini. Yang terakhir adalah “Presentasi: Transformasi dan Simetri.

Microsoft PowerPoint 2013
Baru-baru ini Microsoft telah meluncurkan produknya, yaitu Windows 8 dan Microsoft Office 2013. Dalam paket Microsoft Office ini memuat PowerPoint 2013. Mari kita lihat fasilitas-fasilitas baru dalam PowerPoint 2013 tersebut.

Banyak Pilihan di Halaman Awal
Ketika kita baru menjalankan PowerPoint, kita langsung disuguhi beberapa tema yang menarik. Terdapat 22 tema tepatnya (termasuk Blank Presentation). Apabila salah satu tema tersebut dipilih, maka akan ditampilkan juga beberapa pilihan warnanya. Apabila dari tema-tema tersebut tidak ada yang cocok dengan keinginan Anda, Anda dapat mencari tema-tema secara online langsung dari jendela PowerPoint tersebut. Selain itu, pada halaman awal ini juga terdapat menu Recent, yang menampilkan presentasi yang baru Anda buat, dan tombol Open Other Presentation, jika Anda ingin membuka presentasi yang telah lama anda buat.

Hal Baru Tentang PowerPoint 2013

Hal Baru Tentang PowerPoint 2013

Presenter View
Dan yang paling menarik, menurut penulis, adalah ditambahkannya fasilitas Presenter View ketika kita menampilkan presentasi dalam mode slide show. Dengan fasilitasi ini, presenter dapat melihat dan membaca catatan-catatan yang telah dibuatnya sebagai panduan dalam presentasi, langsung dari device yang digunakannya untuk presentasi. Sedangkan audiens hanya dapat melihat slide yang dipresentasikannya. Selain itu, pada presenter view, presenter dapat melakukan zooming pada area yang dianggap penting untuk ditampilkan pada audiens, dan dapat juga melakukan loncatan ke slide-slide tertentu.

Hal Baru Tentang PowerPoint 2013


Transisi Antar Slide
Pada PowerPoint 2013 ini ditambahkan 11 transisi antar slide. Transisi-transisi yang ditambahkan yaitu Fall Over, Drape, Curtains, Wind, Prestige, Fracture, Crush, Peel Off, Page Curl, Airplane, dan Origami. Transisi-transisi ini dapat membuat presentasi Anda lebih menarik dan hidup, serta mungkin mendapatkan tepuk tangan dari audiens Anda.

Hal Baru Tentang PowerPoint 2013


Perbaikan Motion Path
Apabila Anda sering menggunakan animasi jenis motion path, Anda akan menemukan perbaikan jenis animasi ini pada PowerPoint 2013. Animasi awal dan akhir dari animasi ini akan ditampilkan berupa bayangan yang lebih transparan dari objek aslinya. Sehingga, perbaikan ini akan memudahkan Anda apabila objek yang Anda beri motion path banyak jumlahnya.

Hal Baru Tentang PowerPoint 2013


Eyedropper dan Merge Shapes
Eyedropper merupakan alat yang dapat digunakan untuk memilih warna yang sama dengan objek yang kita inginkan. Penggunaan alat ini cukup dengan mengeklik objek yang akan dikehendaki warnanya. Fasilitas ini sudah muncul pada software pengolah gambar semacam Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dsb.
Pada PowerPoint 2013 juga ditambahkan fasilitas merge shapes, yaitu suatu alat untuk menggabung ataupun memotong objek. Dalam merge shapes ini terdapat pilihan Union, Combine, Fragment, Intersect, dan Subtrack.

Hal Baru Tentang PowerPoint 2013

PowerPoint Web Application
PowerPoint Web Application memungkinkan Anda untuk membuat dan membagikan presentasi Anda kepada orang lain melalui internet. Presentasi PowerPoint yang sudah Anda upload ke SkyDrive dapat juga di-embed pada website ataupun blog Anda. Sehingga pengunjung website/blog dapat secara live melihat presentasi Anda. Akan tetapi, terdapat beberapa animasi dan transisi yang tidak dapat ditampilkan oleh PowerPoint Web Application ini.

Demikian pembedahan kami mengenai PowerPoint 2013, apabila ada kekurangan mengenai pembedahan PowerPoint 2013 ini, kami mohon maaf. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel